Ular berbisa dan hewan berbahaya lainya serta cara memberi pertolongan.


Gigitan ular
Di lingkungan anda mungkin masih banyak ular berbisa yang bisa saja menggigit salah satu anggota keluarga ataupun warga lainya disini akan saya jelaskan cara mengatasinya supaya tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan.



berikut saya sajikan beberapa tips jika di gigit ular :
  • Jangan panik tetap tenang karena dengan panik otomatis kita akan banyak gerakan khawatirkan racun akan lebih cepat menyebar mengikuti aliran darah kita ke sekujur tubuh.
  • Hindarkan mengompres luka gigitan karena sel kulit kita akan mati.
  • Jangan lakukan penghisapan di gigitan apalagi membuat luka di sekitarnya dengan harapan mengeluarkan darah,penghisapan justru akan membuat luka terinfeksi.
  • Bedakan antara gigitan ular berbisa dengan tidak berbisa hal ini bisa dilihat dari bekas luka gigitan,gigitan membentuk setengah lingkaran cenderung tidak berbisa,gigitan terdiri dari 2 lubung layaknya gigitan vampire menandakan ular tersebut berbisa.
  • Segera cari pertolongan atau bawa ke rumah sakit atau pun klinik terdekat untuk mendapatkan obat penawar racun jika di butuhkan.
  • Usahakan bunuh ular tersebut supaya tidak menggigit orang lain dan yang terpenting untumengetahui obat apa yang di gunakan untuk penanggulangan pasien.
  • Tindakan menekan bagian luka apa lagi mengikat lokasi gigitan dengan asumsi agar racun tidak menyebar ke seluruh tubuh justru akan akan menghalangi peredaran darah menyebabkan matinya sel sel darah si pasien.
  • Jangan memberi zat kimia di daerah gigitan kecuali anjuran dokter.
  • Jangan lakukan penyayatan atau pemotongan daerah gigitan hal ini akan menambah luka baru
  • Gigitan Anjing Anjing jika menggigit di khawatirkan akan menyebabkan virus rabies ,Penyakit ini merupakan penyakit berbahaya,selain anjing,pembawa virus yang sama adalah kucing,kelelawar dan monyet,virus ini akan melumpuhkan otot otot jantung dan pernapasan,serta menyebabkab mengkerutnya otot tenggorokan disertai rasa sakit,jika korban akan makan dan minum si penderita di kenal istilah kedokteran hidrophobia atau takut air selanjutnya penderita akan koma dan meninggal
gigitan anjing

Mengingat betapa bahayanya virus ini,jika digigit anjing secepat mungkin berobat ke dokter,dan bila memungkinkan segera tangkap anjing penggigit baik hidup ataupun mati untuk penyelidikan dinas kesehatan Untuk Pertolongan pertama:
  • Cuci luka gigitan dengan air mengalir desertai sabun atau anti seftic.
  • Tutup luka gigitan dengan kain bersih bila ada pakailah kain kassa.
Gigitan lintah atau sejenisnya (pacet) Air liur lintah atau pun pacet mengandung zat anti pembekuan darah sehingga menyebabkan darah akan mengalir secara terus menerus gigitan ini tidak berbahaya namun bagi kulit yang alergi akan menyebabkan timbulnya koreng dan akan terasa gatal. Cara mengatasinya lepaskan gigitan dengan cara di tarik atau siram pakai air tembakau lalu oles obat anti gatal dan pembengkakan. Gigitan lipan atau kelabang Gigitan lintah atau kelabang akan menyebabkan rasa sakit disekitar gigitan akan terasa seperti terbakar,memerah dan bengkak bahkan korban bisa demam namun tidak berbahaya gejala ini akan hilang sendirinya namun tetap membutuhkan pengobatan. cara memberi pertolongan cuci dengan anti septic lalu kompres menggunakan air dingin,bila timbul gejala lainya segera bawa pasien ke dokter untuk mendapatkan pertolongan lanjutan. Sengatan ubur ubur Ubur ubur umumnya terdapat di laut  bukan di sungai air tawar,namun jika tersengat untuk pertolongan pertama
  • Tutup area tersengat pakai oasir.
  • Beri obot gosok penghilang rasa sakit
  • Bila memungkinkan potong ubur ubur dan bawa ke dokter untuk mengetahui apakah termasuk jenis beracun atau tidak.hal ini butuh penyelidikan laborarorium
Cakaran kucing
Cakaran ini tidak terlalu berbahaya akan tetapi,tetap harus di obati atau di beri pertolongan
  • Bersihkan daerah terkena cakaran dengan larutan rivanol atau yang lainya lalu beri anti septic.
  • perhatikan luka cakaran apabila luka dalam bawa pasien ke dokter untuk mencegah infeksi.
Demikianlah tips singkat ini semoga bermanfaat dan nantikan artikel saya selanjutnya.

written by fzal

Related Posts:

0 Response to "Ular berbisa dan hewan berbahaya lainya serta cara memberi pertolongan."

Post a Comment

Orang bijak tinggalkan jejak
Harap berkomentar sesuai dengan judul bacaan di atas dengan menggunakan bahasa indonesia yang benar dan sopan.

RANDOM POS