Berbagai jenis keracunan dan cara memberi pertolongan kepada korban


Keracunan kata bakunya adalah Racun apa itu racun: Sesuatu yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan kondisi tidak sehat, tidak sadar dan bisa membahayakan jiwa.Racun bisa berupa obat di minum melebihi dosis, serangan atau gigitan ular, terhisap gas kimia, pestisida terserap melalui pori pori kulit dan lain lain,


Berbagai macam jenis keracunan

Keracunan makanan

Racun botolinum

Biasanya makanan di dalam kaleng, Botolinum adalah nama bakteri anaerob artinya bakteri hidup di dalam ruang hampa udara atau oksigen.Bakteri ini umumnya terdapat di dalam makanan kaleng sudah kadaluarsa atau bocor kalengnya namun bakteri ini dapat melindungi dirinya dengan cara membungkus dirinya dengan spora, gejala keracunan muncul pada umumnya setelah kurang lebih 18 jam setelah makan makanan mengandung bakteri botolinum.

Gejala yang muncul badan terasa lemah di susul melemahnya syaraf mata bisa berupa penglihatan kabur dan ganda, kemudian melemahnya syaraf otak sehingga korban akan kesulitan menelan.
Pertolongan hanya bisa dilakukan oleh dokter untuk diberi suntikan serum antitoksin khusus untuk botolinum.

Untuk pencegahan bisa dilakukan sebelum dikonsumsi sebaiknya untuk makanan kaleng setelah di buka direbus terlebih dahulu, perhatikan kaleng kemasan ketika menggelembung berarti telah mengandung produksi oleh bakteri, jika kemasan bocor sebaiknya jangan di konsumsi lagi

Keracunan singkong (singkong beracun)

Singkong ini biasanya tidak untuk dikonsumsi tetapi hanya untuk pagar hidup, karena mengandung asam sianida (HCN) disebut juda racun asam biru, reaksi didalam tubuh sangat cepat dalam hitungan menit sudah bisa membahayakan.
Gejala muncul: sesak napas, pusing, mulut berbusa, kejang, mata melotot, pingsan serta ada bau khas dikenal kenari pahit.
Pertolongan: jika sesak napas usahakan bantu dengan napas buatan setelah sadar usahakan korban muntah dan segera bawah ke dokter.

Kercunan oncom atau tempe bongkrek.

Racun oncom atau tempe bisa langsung bereaksi sehabis dikonsumsi racun ini sama dengan keracunan jamur lainya karena di tempe / oncom yang menjadi racun memang dari jamur yang tumbuh.tempe bongkrek terbuat dari ampas kelapa, tempe bongkrek yang baik dikonsumsi hanya ditumbuhi kapang yakni sejenis ragi tempe, tempe bongkrek yang beracun ada renik di permukaan, bakteri ini mengeluarkan racun asam bongkrek yang berbahaya bisa mengakibatkan kematian.
Gejalanya sakit perut, mencret, muntah berkeringat banyak dan akan merasa kehausan dan pingsan.
Pertolongan bila korban sadar usahakan untuk muntah setelah itu beri campuran putih telur ayam dan susu untuk membersihkan lambungnya dan segera ke dokter.

Keracunan jengkol

Jengkol mengandung racun asam jengkolat, racun ini akan menyebabkan terjadinya kristal di dalam saluran kemih hal ini bisa terjadi bila dimakan bersama makanan mengandung asam Gejalanya sakit pinggang dan perut air kencing bercampur kristal berwarna keputihan kadang berdarah dan sulit kencing.

Pertolongan beri korban air soda sebanyak mungkin selanjutnya beri obat penahan rasa sakit dan jika sakit tidak berkurang segara ke dokter

keracunan rajungan, ikan laut dan kepiting.

keracunan tersebut mungkin disebabkan kepiting karena binatang tersebut memakan makanan beracun.
Gejalanya akan muncul sekira 20-30 menit setelah dikonsumsi.
pertolongan segara korban diusahakan memuntahkan makanan tsb bila korban pingsan segera bantu dengan napas buatan setelah muntah beri korban kalium permangganas encer dengan dosis untuk 2 liter air mineral 1 gram kalium.

keracunan zat kimia

Arsen

Arsen atau lebih dikenal dengan nama racun tikus dengan rumus kimia As2O3, akan tetapi di klinik gigi digunakan untuk perawatan syaraf gigi yang terinfeksi, sering juga dipakai untuk membunuh lalat racun kertas berlem.
Gejalanya tenggorokan dan perut rasa terbakar, sakit kepala, mual muntah buang air besar seperti air beras, kejang otot, kaki tangan terasa dingin, pingsan.
Pertolongan beri korban air soda kue satu gelas untuk soda sekira 20 gram, usahakan muntah, beri campuran susu dan putih telur.lalu bawah segera ke rumah sakit.

keracunan obat tidur

Keracunan obat tidur atau penenang contoh luminal dll, bila over dosis sangat membahayakan dan ketika memakan obat ini harus di konsultasikan bersama dokter terlebih dahulu.
Pertolongan bersihkan lendir di mulut bila ada cuci lambung dengan larutan garam kemudian usahakan minum kopi pekat dan segera bawa ke dokter.

Asam keras

Asam memiliki sipat iritasi, merusak dan menghancurkan jaringan tubuh seperti asam cuka yang pekat, asam nitrat, asam sulfat, klorida, dan fospor asam ini tidak semua orang memahami oleh karena itu jika memungkinkan di ketahui jenis asam yang meracuni.
Pertolongan bila terkena mata dan kulit segera cuci dengan air mengalir, bila terbakar fospor segera rendam dengan air bagian terbakar sambil dibersihkan.apabila terbakar jangan dioles bahan berminyak seperti oli, mentega cukup olesi obat pencegah infeksi sebagai pertolongan pertama, bila tertelan asam keras jangan dimuntahkan binatu lambung bisa dengan air kapur encer, untuk menetralkan asamnya bila memungkinkan beri maknesium oksida lalu beri campuran susu dan putih telur untuk melunakan asam tersebut, jangan dinetralkan dengan soda kue karena akan menyebabkan perut kembung.

Keracunan amoniak cair, potas

Bila terkena kulit cuci dengan air mengalir dan bila tertelan minumlah cuka dapur encer di campur air dengan perbandingan 1-1, jangan memuntahkan karena akan melukai jaringan yang dilewati muntah, segera bawa ke dokter.
Keracunan fospor

Fospor berbahaya berwarna kuning, fospor merah kurang berbahaya karena sulit di serap oleh usus.
Pertolongan cuci lambung dengan larutan kalium premangganas perbandingan 1gram dicampur 5 liter air.

Keracunan ganja

Ganja atau drug barang terlarang ini mungkin saja mudah didapat disuatu tempat.
Gejalanya pemakai atau korban berperilaku gembira berlebihan,berhalusinasi,mengigau perasaan seperti ngantuk kaki lemah, napas agak lambat,tapi denyut nadi cepat dan kejang kejang.
Pertolongan cuci lambung dengan air hangat kemudian muntahkan lalu beri minum kopi pekat.

Keracunan gas air mata.

Pertolongan karena gas ini tetap aktif dan menempel di pakaian, segera buka pakaiannya, cuci mata dengan boorwater atau air mengalir, bersihkan kulit dengan air soda lalu angkat korban ketempat udara segar.

keracunan kaporit

Kaporit dalam jumlah sedikit biasa digunakan / terkontrol di perusahaan air minum bisa juga untuk mensterilkan air sumur akan tetapi biladipakai tanpa dosis, asal asalan akan sangat membahayakan karena kaporit bersipat karosif.
Bila terminum kaporit dalam jumlah banyak akan mengakibatkan keracunan maka perlu diberi pertolongan dengan cara diberi pelunak racun berupa susu di camour susu, larutan cuka dapur encer, air jeruk usahakan di muntahkan dengan hati hati untuk menghindari luka di tenggorokan evakuasi ketempat udara segar dan segera ke dokter

Keracunan gas

Keracunan monooksida / gas CO
Keracunan mono oksida sangat berbahaya bila terhirup karena gas ini bersifat mengikat hemaglobin, fungsi hemaglobin untuk mengangkut oksigen ke jaringan tubuh dan membuang gas CO melalui paru paru, ketika terhirup banyak gas ini korban akan mengalami susah bernapas dikarenakan oksigen terhalang untuk masuk ke jaringan tubuh, gas ini sulit terdeteksi karena tanpa bau, tanpa rasa, dan tidak berwarna.gas ini bisa ditemukan di karbit (asitelen), asap knalpot motor dan mobil.
Pertolongan bila pingsan beri napas bantuan bawa ke tempat udara segar dan rujuk ke dokter.

Keracunan gas CO2 dari asap kebakaran
Gas CO2 dengan dosis tertentu bisa di masukan ke dalam minuman sebagai campuran, contoh air soda, coca cola.namun bila terhirup gas CO2 karena terjebak kebakaran melebihi dari 20% pada saluran pernapasan ini sangat berbahaya.

Pertolongan bawa korban ke tempat udara bersih, siram dengan air dingin, bila napas terhenti beri napas buatan.

Keracunan gas elpiji.

Gas elpiji sebenarnya tidak terlalu berbahaya tetapi bila gas berada di ruang tertutup ini sangat membahayakan dan bisa menyebabkan kematian apabila terhisap dalam jumlah banyak.
Pertolongan: si penolong sebelum memasuki ruang bergas tutup mulut dan hidung dengan handuk basah bila tidak ada maskr, tarik napas dalam dalam, dengan menahan napas angkat korban keluar ruang dan bawa ke tempat aman, bila tidak memungkinkan untuk masuk ke ruang tersebut usahakan buka jendela atau dinding, pintu untuk mengeluarkan gas dan amankan sumber gas, bila tidak dapat mengangkat korban mintalah bantuan orang lain.

Demikianlah sekilas ulasan tentang jenis keracunan dan cara memberikan pertolongan sehingga bisa dijadikan reffrensi ketika orang disekitar Anda terkena racun maka kita bisa memberikan pertolongan secepat mungkin untuk menyelamatkan nyawa si korban.

(written by fzal)

Reffrensi
drg.Irham machfoedz.ms.Sri arini winarti,SKM.Heni puji wahyuningsi,S.SIT.Hesti widyasih.S.SIT 2007.Pertolongan pertama dirumah tempat kerja,atau diperjalanan.

Related Posts:

0 Response to "Berbagai jenis keracunan dan cara memberi pertolongan kepada korban"

Post a Comment

Orang bijak tinggalkan jejak
Harap berkomentar sesuai dengan judul bacaan di atas dengan menggunakan bahasa indonesia yang benar dan sopan.

RANDOM POS