Mengenal Obat tradisional tanpa efek samping


Negara kita terkenal dengan luasnya hutan dan beraneka ragam tanaman baik yang sering kita lihat atau pun yang belum kita ketahui sama sekali, Saya pun tidak mengenal betul apa tanaman tanaman yang ada di lingkungan saya yang sebenarnya bisa kita gunakan sebagai obat obatan, apa lagi di era sekarang semua obat mahal, Padahal obat dari tumbuhan paling di cari karena alami juga minim efek samping dan tergolong obat murah bahkan bisa tanpa mengeluarkan uang sepeser pun



Untuk itu marilah kita mengenal tanaman obat sebagai berikut:
  • Ilalang,Ilalang merupakan tanaman yang di benci petani kerena ilalang termasuk tumbuhan liar jenis gulma namun ternyata akar ilalang sangat bermenfaat sebagai obat panas dalam dengan cara direbus lalu diminum.
  • Sirih, Daun sirih sangat banyak kegunaanya diantaranya sebagai obat mimisan dengan cara remukan pakai tangan terus di gulung dan di sumpel ke hidung diamkan sesaat darah akan mengental, mimisan pun berhenti.Selain itu daun sirih juga bisa menghilangkan bau badan dan bisa dimakan dengan campuran kapur dan tembakau bagi yang suka.
  • Jambu Biji, Daun jambu biji pun tak mau kalah menfaatnya bisa di makan atau di jadikan lalap untuk obat diare dan juga bisa di pakai untuk merebus daging sehingga daging jadi lembut. 
  • Pisang, Selain buahnya yang enak di makan sebagai nutrisi tubuh, ternyata kulit pisang juga bermenfaat bagi kita terutama bagi yang punya jerawat, ambil kulit pisang yang berwarna kuning dengan cara digosokan bagian sebelah dalam secara perlahan sampai kulitnya menghitam biarkan sesaat kemudian cuci pakai air.
  • Sirsak, Sirsak selain buahnya enak di makan daunya pun bisa kita gunakan sebagai obat hipertensi caranya ambil beberapa lembar daun sirsak segar lalu bersihkan terus rebus sampai daunya berubah kecoklatan biarkan sampai dingin dan di minum 3 kali sehari.
  • Kumis kucing, kembang ini mirip kumis kucing, biasanya ditanam di pekarangan rumah dan tidak memerlukan perawatan khusus tanaman ini berkhasiat mengeluarkan / menghancurkan batu ginjal caranya ambil beberapa lembar daunya lalu di rebus terus diminum 3 kali sehari biasanya batu ginjal akan keluar bersama air seni.
  • Bawang dayak, Disebut juga bawang berlian.bawang, bawang sabrang, bawang tiwai, bawang mekah tanaman ini pertama ditemukan di kalimantan namun tanaman ini yang masuk jenis umbi ubian kurang begitu familiar di masyarakat bentuknya tidak jauh berbeda dengan bawang lainya perbedaan terletak pada warna rimpang yang lebih merah menyala dan memiliki permukaan rumput yang licin, konten yang ada di dalamnya sangatlah banyak dan mampu menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya flu hingga penyakit berat seperti tumor dan kanker.
  • Biji buah nangka, Sehabis menikmati buah nangka, baijinya sering kali kita buang mulai saat ini jangan lagi membuang bijinya karena selain tinggi protein, karbonhidrat, seng.fospor, serat, kalsium biji nangka juga mengandung vitamin A, C, B, biji nangka dikenal dengan fitonutrienya seperti isoflavon dan saponin yang merupakan anti oksidan untuk membantu pencegahan kanker dan masih banyak lagi menfa`at lainya seperti melawan keriput, mencegah konstipasi, membersihkan noda kulit, mengatasi stres, memberikan volume pada rambut, mencegah anemia dan mencegah rambut rontok.
  • Temulawak, Ktemulawak sudah terbukti secara ilmiah diantaranya antiinflamasi, merawat fungsi hati meningkatkan nafsu makan sampai menurunkan lemak dalam darah.Tunbuhan ini asli indonesia walau tersebar ke seluruh dunia tetapi curcuminoid dan minyak xanthorizzol dari temulawak indonesia lah yang paling dicari.
  • Kemangi, Adalah tanaman yang mirip rumput dan berbulu halus aman disentuh serta memiliki rasa dan aroma khas.kemangi biasanya digunakan untuk campuran sayuran bisa juga dijadikan lalapan.
Menfaat daun kemangi untuk kesehatan:kesehatan mata, kemangi mengandung vitamin A meskipun kandunganya tidak sebanyak wortel namun jumlah tersebut masih cukup untuk menjaga kesehatan mata.
  1. menghilangkan bau mulut dan bau badan.
  2. Melawanan manopouse.
  3. Mengobati batuk dan filek.
  4. Mengobati keputihan.
  5. Anti inflamasi
  6. Menjaga kesehatan jantung.
  • Daun selada, menfaat daun selada untuk kesehatan dapat mencegah kanker, mencegah penuaan pada wajah, menurunkan kadar kolesterol, dapat memperkuat tulang, menjaga tingkat kesuburan dan sebagai sumber mineral di dalam tubuh.
  • Daun pepaya, daun ini berkhasiat menurunkan demam malaria dan juga bisa mengobati diabetes caranya bisa dikonsumsi mentah sebagai lalapan juga bisa di jadikan sayuran
  • Daun Ketepeng, Ketepeng sering tumbuh disekitar rumah kita mungkin ada yang belum mengetahui menfaat dari daun Ketepeng terutama untuk mengobati panu, caranya ambil daun yang masih muda dan gosokan secara perlahan dikulit yang terkena panu sampai wrna kulit berubah jadi hijau biarkan sampai kering sebaiknya di gosokan sehabis mandi agar pengobatan maksimal.
  • Buah ciplukan atau ceri tanah ,sangat kaya akan menfaat ,ciplukan mengandung vitamin A sangat tinggi terutama untuk kesehatan mata ,kulit dan kekebalan tubuh,Selain dari itu ciplukan juga mengandung vitamin C yang berguna bagi tubuh untuk penyerapan zat besi dan membantu pembentukan kologen,Vitamin C juga menjadikan tulang dan otot kita kuat ciplukan juga digunakan untuk pengobatan diabetes melitus dan juga berpungsi sebagai asupan kalori.
Demikianlah sekilas ulasan tentang tanaman yang bisa dijadikan obat, dengan memahami menfaat dari tanaman Anda mendapatkan tambahan refrensi obat obatan jika kemudian hari Anda atau orang di sekitar Anda membutuhkan obat atau mengalami gangguan kesehatan bisa memanfaatkan obat tersebut silakan di coba !?

written by fzal

Related Posts:

0 Response to "Mengenal Obat tradisional tanpa efek samping"

Post a Comment

Orang bijak tinggalkan jejak
Harap berkomentar sesuai dengan judul bacaan di atas dengan menggunakan bahasa indonesia yang benar dan sopan.

RANDOM POS