google-site-verification: google8fecaa285efc35e4.html Kota intan tempat wisata dan Berburu perhiasan - Pondok cerita

Kota intan tempat wisata dan Berburu perhiasan


Martapura adalah Ibukota kabupaten Banjar yang terletak di Kalimantan selatan,Kota ini dulunya di kenal dengan nama Kayutangi pada masa pemerintahan Sultan adam,Uniknya kota ini merupakan penghasil Intan terbesar di Indonesia oleh karena itulah kota ini di kenal khalayak luas dengan sebutan Kota Intan tempat berburu perhiasan.

Pelesir

Di wilayah kota Martapura terdapat banyak penambangan intan yang di kelola oleh warga setempat dengan produksi lebih dari 20 ribu ton per tahun,Kualitas perhiasan yang di hasilkan pun tergolong tinggi jadi jangan heran kalau kota ini menjadi tujuan para kolektor intan yang maniak dan orang orang berduit dan para artis.

Batu Mulia sudah menjadi ciri khas dari Banjarmasin dimana di wilayah ini kebanyakan penduduk menggantungkan hidupnya dari penambangan intan secara turun temurun dan merupakan pendapatan asli daerah tertinggi dari sektor pertambangan di di kabupaten Banjar,Khususnya di daerah cempaka yang merupakan daerah paling banyak di temukan intan.

Para penambang biasanya bekerja secara kelompok untuk menggali lubang dengan kedalaman antara 10-15 meter dengan masih memakai cara lama dan peralatan tradisional,Para penambang harus bekerja keras menggali lubang untuk mencari batu perhiasan selain intan para penambang sering menemukan batu akik dan pasir emas jika lagi beruntung.

Sebuah area penambangan yang terletak sekitar 50 kilo meter dari pusat kota Banjarmasin dan 7 kilo meter dari kota Banjar Baru. Di tempat penambangan ini pengunjung bisa melihat langsung aktivitas para penambang mencari batu berharga dan di tempat ini pula pernah di temukan intan seberat 20 karat yang pertama pada tahun 1946 dan yang ke dua dan merupakan rekor pertama seberat 167 karat pada tahun 1950 adalah pencapaian tertinggi.

Hasil dari penambangan akan di bawa ke kota Martapura untuk di gosok dan di bentuk sedemikian rupa ,Jika pengunjung datang bisa melihat langsung cara pengelolaan batu berharga baik secara tradisional maupun cara modern.

Tempat aktivitas jual beli Intan Jual beli batu berharga/intan diadakan di sebuah pasar yang terletak di jalan Ahmad Yani kabupaten Banjarbaru,Pasar ini sangat ramai di kunjungi pembeli pada hari biasa pengunjung mencapai 10 000 lebih pengunjung dan hal ini akan melonjak tajam pada hari hari libur bisa mencapai dua kali lipat hari hari biasa merupakan pengunjung pasar yang menjanjikan bagi para pedagang.

Di sinilah terdapat jual beli perhiasan dari yang paling murah sekitar 10 000 sampai yang kelas tinggi harganya bisa mencapai ratusan juta.Pasar ini di sebut sentral penjualan batu permata tepatnya di pertokoan Cahaya Bumi Selamat Martapura yang terdapat ratusan kios penjual baru permata.dan untuk yang kelas kaki lima juga terdapat di pasar ini.

Selain pasar batu berharga yang cukup luas menjual banyak batu berharga di pasar ini pun mempunyai tempat parkir yang sangat luas bisa menampung kendaraan roda empat sampai 300 lebih mobil jadi pengunjung jangan khawatir tidak soal tempat parkir. Jenis Intan dari Martapura Berbeda dari jenis intan dari luar negeri yang berwarna agak coklat untuk yang di jual di pasar ini berwarna putih bening dan berkilau apa lagi jika di pakai sebagai perhiasan sangat menggiurkan.

Tidak hanya batu permata yang ada di Martapura di sini juga banyak di jual seperti batu zamrud yakut dan merah delima.di pasar ini akan banyak di temui pedagang/pembeli dari luar negeri seperti India,Singapura,Malaysia bahkan dari Afrika Selain datang ke pasar ini untuk berburu perhiasan. Menarik ya ternyata Indonesia mempunyai produsen Batu permata yang tak kalah dari Negara lain makanya jika anda berkunjung ke Banjarbaru jangan lupa pergi ke pusat jual beli batu permata terbesar di Indonesia. Salam


Written by fzal

Related Posts:

RANDOM POS