Buah Matoa Rame Rasanya


Indonesia masih memiliki hutan yang sangat luas dengan jumlah mencapai jutaan hektar ,Ini adalah merupakan salah satu dari ribuan kekayaan yang tak ternilai harganya dan dari hutan rimba belantara inilah berbagai macam buah buahan berasal.

Propinsi Papua selain terkenal dengan pariwisata papua juga merupakan terkenal dengan buah buahan yang sebelumnya tidak ada di daerah lain diantaranya adalah buah matoa dan buah merah namun di sini akan kita bahas adalah buah Matoa.


Buah Matoa tentunya berasal dari sebuah propinsi paling timur di indonesia adalah papua buah ini memiliki rasa yang khas papua,Pohon dari buah ini termasuk tanaman keras karena memiliki pohon yang besar dan berdaun lebar tetapi mudah di kembangkan dan sangat cocok di tanam di pekarangan rumah sebagai peneduh karena memiliki daun yang lebar sehingga akan membuat sejuk berdiam di bawah pohon ini.

Selain peneduh di sekitar rumah buah ini sangat enak di makan rasanya pun tidak akan kalah dari buah lainnya bahkan memiliki kelebihan tersendiri karena mempunyai banyak rasa jika kita petik selagi mengkal buah ini akan terasa seperti durian mengkal juga akan terasa seperti rambutan dan juga akan terasa seperti rasa buah lengkeng makanya buah ini di katakan buah rame rasanya.

Ciri khusus buah ini masih mudah memiliki lapisan seperti busa agak tebal berwarna putih dan memiliki biji yang juga berwarna putih(mentah) dan jika sudah matang lapisan seperti busa tadi akan terlihat tipis dan mempunyai daging yang tebal dan biji berwarna hitam.

Buah ini mempunyai dua jenis dan cara membedakannya akan terlihat dari buahnya ada yang matang berwarna merah kekuningan dan juga ada yang berwarna tetap hijau tetapi warna hijau kelihatan lebih tua jika sudah matang namun rasa yang di miliki tetap sama.

Buah ini sebaiknya tidak di simpan di lemari es karena kandungan air di dalamnya akan berkurang dan kulit dari buah ini akan terasa keras jika di kupas karena kadar air berkurang tetapi akan terasa lebih segar.

Buah yang satu ini belum ada di pasaran karena tergolong langka namun ada juga yang bilang buah ini sudah ada di super market tetapi masih sulit di cari karena tidak semua super market atau toko buah menjual.

Seiring kemajuan zaman sekarang ini buah ini tidak lagi sulit di temukan akan mudah kita jumpai di pekarangan pekarangan rumah cara menanamnya juga tidaklah sulit karena buah ini bisa di kembang biakan dari biji melalui penyemaian tetapi kebanyakan orang menanam matoa dengan cara pencangkokan dan kelebihannya akan lebih cepat berbuah biasanya jika kita menanam bibit yang di cangkok 2 sampai 3 tahun akan berbuah berbeda jika di tanam dari biji akan lebih lama berbuah.

Sekian

(written by fzal)

Related Posts:

0 Response to "Buah Matoa Rame Rasanya"

Post a Comment

Orang bijak tinggalkan jejak
Harap berkomentar sesuai dengan judul bacaan di atas dengan menggunakan bahasa indonesia yang benar dan sopan.

RANDOM POS