Harga getah karet di tingkat petani mulai membaik


Ekonomi sampai saat ini masih menjadi perbincangan hangat di indonesia merupakan dampak dari krisis moneter yang melanda asia khususnya yang paling parah salah satunya adalah negeri yang kita cintai ini,Namun beberapa tahun ini yang sangat terasa di sektor pertanian baik sawit atau pun karet yang sangat menonjol karena dari kedua komoditi ini menjadi andalan ekspor dan menjadi penghasil devisa buat negara.

Dalam kesempatan ini yang akan kita bicarakan yaitu harga getah karet di sumatera selatan khususnya di kabupaten muara enim ,Sebagai bahan perbandingan kita sewaktu nilai tukar rupiah terhadap dolar sangat tinggi mencapai angka 14 000 lebih di beberapa tahun belakangan harga karet sangat menjanjikan mencapai angka tertinggi 25 000 per kilo di tingkat petani tetapi sekarang kenaikan kurs dolar tidak di iringi dengan harga penjualan hasil pertanian padahal ini adalah barang ekspor.

pohon karet www.odzzal65.com

Beberapa bulan yang lalu harga karet sempat mencapai titik terendah sangat mengkhawatirkan di kisaran 7000-8000 di tingkat petani untuk karet bulanan yang di koordinir oleh KUD melalui lelang BOKAR kalau harga karet mingguan tentunya di bawa nilai tersebut yang masih sangat jauh dari harapan petani untuk mencukupi kebutuhan hidup layak saat ini dengan harga kebutuhan pokok membubung tinggi.

Harga karet di 2 bulan belakangan mulai menunjukan angka angka positif walau sebenarnya belum bisa di andalkan untuk menunjang ekonomi saat ini lelang bokar untuk bulan oktober sudah ada yang mencapai angka 10 000 lebih per kg  semoga ini tetap berlanjut dan sebagai pertanda membaiknya ekonomi kita.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup layak saat ini dan merupakan harapan para petani harga karet di atas 15 000 di tingkat petani baru bisa memenuhi kebutuhan sehari hari seperti anak sekolah dan lain sebagainya.apalagi sekarang ini curah hujan mulai meningkat tentu hasil sadapan tidak akan maksimal dan kualitas getah yang di hasilkan rendah karena banyaknya kadar air.

Penyebab anjloknya harga karet tidak di ketahui pasti apakah permintaan dari negara negara pengimpor menurun atau kualitas karet kita kalah bersaing dengan negara lain penghasil karet seperti malasyia dan tailand.

Dengan mulai adanya peningkatan harga karet di tingkat petani ini merupakan awal dari kebangkitan ekonomi semoga tetap berlanjut dan memenuhi harapan para petani sehingga tercapai kemakmuran yang kita impikan amin.

wrytten byfzal

Related Posts:

0 Response to "Harga getah karet di tingkat petani mulai membaik"

Post a Comment

Orang bijak tinggalkan jejak
Harap berkomentar sesuai dengan judul bacaan di atas dengan menggunakan bahasa indonesia yang benar dan sopan.

RANDOM POS